Rabu, 27 Mei 2009

pelatihan teknik MC

Contoh MC (PeMbawa Acara) Pada Peringatan Isra' dan Mi 'raj Nabi Muhammad Saw

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Al Mukarram bapak KH. Munir Abbas, rekan-rekan panitia kami hormati, kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati pula. Dengan suasana yang ceria ini teriring ucapan alhamdulillah, karen pada malam ini kita bisa hadir dan berkumpul dalam masjid ini dalam keadaan sehat tanpa ada halangan satu apapun. Mudah-mudahan pertemuan kita membawa sesuatu yang bermanfaat sebagai bekal di dunia maupun akhirat kelak
Kaum Muslimin dan Muslimat yang berbahagia. Kedua kalinya shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kcpada Nabi besar Muhammad Saw, karena beliaulah yang tclah menunjukkan kita dari alam sesat menuju alam yang terang benderang yakni agama Islam dimana agama yang diridlai Allah Swt.
Selanjutnaya akan kami bacakan susunan rangkaian acara, yaitu sebagai berikut :
1. Pembukaan.(barusajakamibuka).
2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an.
3. Sambutan-sambutan.
a. Prakata Panitia.
b. Sambutan Kepala Desa.
4. Ccramah Agama Islam. Istirahat
5. Do'a Bersama.
6. Pcnutup.
Memasuki acara berikutnya, yaitu pembacaan ayat-ayat Bi Al-Qur'an, dalam hal ini akan dibacakan oleh Ustadzah Siti Ghonimah, kepadanya dipersilahkan !

*PEMBACAAN AYAT-AYAT SUCI AL- QUR'AN*

Demikian alunan bacaan yang telah kita dengarkan dengan hikmat, mudah-mudahan kita bisa mengambil pelajaran yang terkandudung di dalamnya. Dan terima kasih banyak kami sampaikan atas bacaan ayat-ayat tersebut.
Memasuki acara berikutnya, adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang akan di sampaikan oleh prakata panitia, dalam hal ini akan disampaikan oleh saudara Nur Hanif, kepadanya dipersilahkan !

*PRAKATA PANITIA*

Terima kasih kami sampaikan kepada saudara Nur Hanif yang telah memberikan sambutan atas nama panitia pelaksana pada acara peringatan hari besar Islam yaitu Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad Menginjak acara selanjutnya adalah sambutan dari bapak
kepala Desa, yang terhormat bapak Muhammad Suhaimin kami persilahkan.

*SAMBUTAN KEPALA DESA*

Terima kasih kami sampaikan kepada bapak kepala desa yang telah memberikan- sambutannya dengan begitu jelas, dan dengan menggunakan bahasa yang begitu halus. Melangkah acara yang kita tunggu tunggu, yaitu ceramah agama Islam yang akan disampaikan oleh bapak Drs. Suhamdi dari Bandung kepada beliau dipersilahkan dengan waktu yang secukupnya, silahkan bapak Drs. Suhamdi!

*CERAMAH AGAMA ISLAM *

Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Drs. Suhamdi yang baru saja menjelaskan tentang Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad Saw dengan begitu jelas. Menginjak acara selanjutnya. yaitu istirahat, dalam acara ini akan diadakan ramah-tamah, kami persilahkan panitia konsumsi untuk mempersiapkan hidangan kepada para undangan.

*ISTIRAHAT*

Kiranya sudah cukup acara istirahat, atas nama panitia minta maaf, bila ada dalam acara tersebut terdapat kekurangan. Menginjak acara berikutnya, adalah do' a yang langsung di pimpin oleh Ust. Shalihun, kepada beliau kami persilahkan!

*DO'ABERSAMA*

Semoga do'a yang kita patjatkan tadi diterima oleh Allah Swt, amiin. Menginjak acara yang terakhir, yaitu penutup. Bagi say a pribadi kurang lebihnya dalam memandu acara pada malam hari ini kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Billahi
TaufiqWal Hidayah.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.


Contoh MC (Pembawa Acara) Pada Peringatan Tanggal 1 Muharam

Assalamu' alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Bapak KH. Baidlawi yang kami hormati. Rekan dan panitia yang kami hormati. Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati. Dengan memuji syukur kita haturkan kehadirat Al­lah Swt, karena pada malam hari ini kita bisa berkumpul dalam acara yang diselenggarakan keluarga besar Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN SGD Bandung, yaitu peringatan tanggan 1 Muharam. Mudah-mudahan pertemuan acara ini membawa maslahat fiddunya wal akhirat, amiin.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad Saw, karena beliaulah yang telah berhasil merubah situasi dari zaman jahiliyah menuju situasi terang benderang yakni agama Islam, agama yang diridlai oleh Allah Swt. ' Agar acara pada malam hari ini tidak sampai berlarut malam, langsung saja kami bacakan susunan acara yang sudah tersusun, yaitu sebagai berikut:
1. Pembukaan (baru saja kami buka).
2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an.
3. Sambutan-sambutan.
a. Prakata Panitia.
b. Sambutan Ketua LDM.
c. Sambutan Kepala Desa.
4. Ceramah Agama Islam.
5. Istirahat
6. Do'aBersama.
7. Penutup.
Demikian rangkaian acara yang akan berlangsung pada malam ini, sebelum acara lebih lanjut marilah kita bersama membaca basmalah, dengan maksud dan tujuan agar acara berlangsung dengan lancar tanpa ada halangan yang tidak kita inginkan. Menginjak acara yang kedua adalah pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, dalam hal ini akan dibacakan oleh adik Khusnun Amri, kepada adik Khusnun dipersilahkan !

*PEMB ACAAN AYAT-AYAT SUCI AL QUR'AN*

Terima kasih kami sampaikan kepada adik Khusnun yang telah membacakan ayat-ayat Al-Qur' an tersebut, mudah-mudahan diterima Allah Swt, amiin. Melangkah acara berikutnya, yaitu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan di sampaikan oleh panitia pelaksana, dalam hal ini akan disampaikan oleh saudara Muflihun Hasan, kepadanya dipersilahkan !

*PRAKATA PANtTIA*

Terima kasih kami sampaikan kepada saudara Muflihun yang telah memberikan sambutan atas nama panitia pelaksana. Kini menganjak acara selanjutnya adalah sambutan dari Ketua Lembaga Dakwah Mahasiswa, kepada saudara Arif kami persilahkan !

*SAMBUTAN KETUA LDM*

Terima kasih kami sampaikan kepada ketua LDM yang telah memberikan penjelasan tentang pentingnya pemuda hidup dalam berorganisasi, agar berbagai pengalaman hidup di masyarakat nanti betul-betul sudah membawa bekal. Menginjak acara berikutnya, yaitu sambutan yang terakhir

akan disampaikan oleh bapak Kepala Desa, kepada yang terhormat bapak H. Munir Abbas dipersilahkan !

*SAMBUTAN KEPALA DESA*

Terima kasih kami sampaikan kepada bapak kepala desa yang telah memberikan motivasi kepada kawula muda untuk menggeluti pengalaman organisasi, agar hidup dimasyarakat tidak canggung, dan tidak minder dengan teman yang lain.
Dan tibanya acara yang kita tunggu-tunggu yaitu ceramah agama Islam yang akan disampaikan oleh yang terhormat bapak KH. Baidlawi kami persilahkan !

*CERAMAH AGAMA ISLAM *

Terimakasih kami sam[paikan kepada Bapak KH. Baidawi yang telah memaparkan tentang peranan pemuda muslim di zaman era globalisasi ini. Mudah-mudahan yang disampaikan tadi membawa kemanfaatan :yang banyak sekali kepada kita semua, sehingga kita bisa menempatkan diri hidup di zaman yang serba maju ini, dengan memilihi aqidah Islam yang kuat.
Acara selanjutnya, yaitu istirahat, dalam istirahat ini akan diadakan makan bersama, oleh karena itu kepada petugas konsumsi agar mempersiapkan hidangan kepada para undangan

*ISTIRAHAT*

Saya kira sudah cukup acara istirahat, dan kini kita ikuti acara berikutnya, yaitu berdo'a bersama yang akan dipimpin langsung oleh Ust. Abd. Fatah, kepada beliau kami persilahkan!

*DO'A BERSAMA*

Do'a bersama sudah kita ikuti bersama, mudah-mudahan diterima oleh Allah Swt, amiin.
Dengan ucapan hamdalah “Alhamdulillah” acara pada malam ini selesai tanpa ada halangan suatu apapun. Bagi kami pribadi bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sudilah kiranya para hadirin untuk memaafkan. Fastabiqul Khairat
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Sealamat berlatih, tidak ada orang yang berbakat dan tidak berbakat yang ada adalah orang yang terlatih dan tidak berlatih,maka teruslah berlatih

Everything Needs Process!
You Can if You Think You Can

6 komentar:

  1. trima kasih infonya. tapi aku perlu yang pakai campuran bahasa arab ada gak?

    BalasHapus
  2. ok juga ... aku perlu contoh untuk acara pertemuan rutin organisasi wanita.. sy bisa hubungi anda ga untuk isi acar pelatihan MC.. ditunggu jwbnya

    BalasHapus
  3. maaf kepada teman2 blog ini baru aktif lagi dah lama gak kebuka, insyaallah siap membantu sebisanya, silahkan hubungi ke 085720232251. sekali lg maaf. trims

    BalasHapus
  4. A helping blog. Ada g naskah MC buat acara Halal Bihalal yg diisi jg dgn acara tausiyah??? Ditunggu responnya ya!! Makasiiihh

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. @Buk Dina, Insyaallah ntar di muat, thanks responnya

    BalasHapus