Selasa, 28 Agustus 2012

Tak sekedar SMS (kata motvasi)


-          Kita diciptakan untuk mengabdi kpda Allah, semakin tulus mengabdi, semakin di urus dan di jamin, “bagisiapa yg bertqwa kpda Allah. Niscaya Dia akan memberi jalan keluar baginya. (QS.65; 2)

-          Barangsiapa yg bermalam dalam keadaan badannya capek krna pekerjaannya, dia bermalam dalam keadaan terampuni dosanya. (fathul bari,4 ; 353)

-          Hai orang2 beriman, janganlah kamu memasuki rumah yg bukan rumahmu sebelum meminta izin & memberi salam kpda penghuninya-(QS. An-Nur; 27)

-          Ketahuilah, maksiat akan membutakan hati, andaipun tidak membutakan hati, minimal ia akan melemahkan pandangan (nurani), ketika hati sudah buta, ia akan sangat sulit mengenali cahaya kebenaran-(Ibnu Qayyim Al-Jauziyah)

-          Ya Allah, ampunilah kesalahan, kebodohan & keterlaluanku dalam segala urusan & ampunilah segala dosa yg Engkau lebih mengetahui daripada aku. (HR. Muslim)

-          Termasuk tanda kepahaman seseorang terhadap agamanya adalah adanya kemauan untuk mengurusi nafkah rumah tangganya. (Abu Darda’)

-          Saat engkau mengingatkan saudaramu sesama Muslim, berikanlah caramu yg terbaik dalam meluruskan kesalahan atau menunjukkan kebenaran”. (Kalid bin Sa’ud)

-          Smoga Allah yg maha Rahman tetap berikan kita kekuatan, serta ketenangan hati. Moga musuh Allah juga tdk sedang bertepuk tangan n merasuki pikiran kita dgn sesuatu yg tidak Allah sukai atas batalnya rencana kita. Allah Maha pemilik jodoh, rezeki, umur. Kita hanya bisa berencana, jika tidak sukses dgn rencana skg berarti Allah belum ridho, ini lah yg terbaik, kita tdk tahu ...ada hikmah yg jg lebh baik yg sedang Allah siapkan untk kita dan masa depan.. moga kita bisa mengembalikan semua pada Allah dan meluruskn niat.

-          Tiada seorang Muslim yg mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu. (HR. Muslim).

-          Ya Rabbana, lapangkanlah dadaku & mudahkanlah urusanku & lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku (QS. 20: 25-28).

-          Tatap air, terasa tenang. Teliti batu, ada ketegaran. Cangkul tanah, tahu arti kehidupan. Cermati kupu, siap terhadap perubahan diri. Petik padi, paham akan makna rendah hati. Tatap ke atas, ada niat untuk maju. Longok ke bawah, bersyukur atas semua yg ada. Tengok ke samping, pastikan ada kebersamaan. Balik ke belakang, ingat selalu pengalaman berharga. Periksa ke dalam, periksa ketidak teraturan. Langkah ke depan, prioritsa utama muliakan Allah dalam semua kesuksesan yang akan kita raih..

-          Hidup adalah belajar. Belajar meski tak cukup. Belajar memahami meski tak sehati. Belajar ikhlas meski tak rela. Belajar bersabar meski terbebani. Belajar setia pada-Nya meski tergoda. Belajar dan terus belajar dgn keyakinan setegar karang. Tapi ada kalanya hati seperti gelombang air laut. Pasang surut dan terbawa arus. Maka dari itu tetaplah belajar tuk tetap berada di jalan yg benar. Belajar menjhadi yg lebih baik untuk jadi yg terbaik...Insyaallah kita akan mendapatkan yg Terbaik.

-          Kita akan tahu bahwa tertawa itu nikmat setelah kita tenggelam dalan tangis kesusahan. Kita akan tahu makna kaya setelah berjuang dalam kemiskinan. Kita baru menyadari nikmatnya sehat setelah di uji dengan penyakit yg berkepanjangan. Itulah kenyataan hidup, tak perlu diingkari.

-          Senyum,,ringan tak bersuara tapi pen uh dgn makna. Senyum,,begitu murah tapi tak ternilai dgn rupiah. Senyum tak bertenaga tapi besar motivasinya. Senyum,,suatu hal yg mudah tapi selalu tampak indah. Senyum,,suatu hal yg biasa tapi memberi dampak yg luar biasa. Senyum,,adalah ibadah termudah tapi berpahala setara dgn sedekah. Maka dari itu mudahkanlah senyummu dgn semua orang,,,siapapun dia...tersenyumlah.

-          Dan Allah bersamamu dmanapun kamu berada dan Allah Maha melihat apapun yg kamu kerjakan. “(QS.57:4).

-          Jangan kamu banyak bicara kecuali dzikir. Sesungguhnya byk bicara itu membuat hati menjadi keras & org jauh dari Allah adalah orang yg berhati keras. (HR. Tirmidzi).

-          Sesungguhnya hari Jumat adalah hari yg raya, Allah menjadikannya istimy\ewa bagi kaum muslimin, barangsiapa yg mendatangi hendaklah ia mandi. (HR. Ibnu Majah).

-          Ada yg mengeluh karena merasa jenuh. Lalu ingin gugur dan jatuh, ia berkata LELAH. Ada yg lelah, jiwa raganya penat tapi semangat. Tanyakan dalam hati, apa yg kamu cari.

-          Innalloha idzaa ahabba ‘abdan ibtalaahu”: sesungguhnya Allah jika mencintai hamba-Nya, maka Dia akan mengujinya.”

-           Dan apabila hamba-hambaku bertanya kpdmu ttg Aku, maka (jawablah) bhwasanya Aku dekat, Aku mengabulkan permohonan org yg berdoa apabila ia memohon kpd-Ku. (QS. 2; 186).

-          Diriwayatkan bhw Nabi SAW slalu bertiktikaf pd setiap 10 malam terkhir Ramadhan & pada tah kewafatannya beliau beriktikaf 20 hari. (HR. Bukhari)

-          Kebenaran itu indah, memebelanya tak memerlukan caci maki, angkara murka, nafsu amarah, tegakkan dgn tegas dan santun.

-          Al-Quran adalah karunia tiada banding, bila kita akrab dgnnnya, hati akan tentram, hidup akan jelas, langkah akan mantap, tiap saat penuh berkah.

-          Umrah di bulan Ramadhan menyamai (pahala) haji. Dalam riwayat lain, menyamai (pahala) haji bersamaku. (HR. Bukhari)

-          Dengki adalah susah melihat orang senang, senang melihat orang susah, dia yg dzalim tapi dia juga yg sengsara.

-          Ucapan yg baik adalah sedekah, dan setiap langkah yg diayunkannya menuju sholat berjamaah merupakan sedekah..(HR. Bukhari)

-          Barangsiapa yg rendah hati kpda saudaranya (semuslim) maka Allah akan mengangkat derajatnya (HR. Ath-Thabrani)

-          Siklus kehidupan ini begitu cepat bahkn sangat cepat terjadi, tanpa kita sadari sebelumnya. Tidak terasa usia kita terus beranjak dan hari semakin dekat kematian...

-          Shaum yg sangat penting adalah shuam hati dari tergantung & berharap kpd makhluk. Cukup hanya kpd Allah saja, dijamin tak kecdewa.

-          Berlaku adil diantara 2 orang merupakan sedekah & membantu seseorang mengangkat barang ke atas kendaraannya merupakan sedekah. (HR. Bukhari)

-          Iman paling afdhol ialah apabila kamu mengetahui bahwa Allah selalu menyertaimu dimanapun kamu berada. (HR.Ath-Thobrani)

-          Kebenaran itu dari Tuhanmu, maka janganlah sekali-kali engkau termasuk orang-orang yang ragu. (QS. 2: 147)

-          Tak perlu sibuk mencari cinta manusia, karna yg membolak-balikkan hati adalah Allah, sibuklah hanya mencari cinta-Nya saja. Mudah bagi-Nya untuk menyimpan cinta du hati hamba-hambanya.

-          Banyak berharap dari makhluk pasti mendatangkan gelisah dan kecewa, tapi hati yg berharap hanya kepda Allah akan tenang dan tercukupi.

-          Sesungguhnya Allah itu Maha Pemberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yg mulia, ia membenci akhlak yg buruk. (HR. Baihaqi)

-          Sesungguhnya Allah memiliki hamba2 yg dibebaskan dr neraka setiap siang & malam dalam bulan ramadhan & doa org muslim akan dikabulkan. (HR. Ahmad)

-          Nabi bersabda; Bagi tiap sesuatu terdapat ujian & cobaan, dan ujian serta cabaan terhadap umatku ialah harta-benda (HR. Tirmidzi)

-          Barangsiapa yg tidak dapat meninggalkan ucapan dan perbuatan dusta (waktu berpuasa) maka Allah tidak membutuhkan lapar dan hausnya. (HR. Bukhari)

-          Harta dan keturunan, kesehatan dan kekuatan, kedudukan dan kekuasaan dapat menjadi sumber kegelisahan, keletihan dan kelelahan jika tidak di sertai rahmat Allah. Jika manusia menginginkan rahmat Allah, maka ia dapat memintanya dgn bertawajuh kepada-Nya, dalam ketaatan, pengharapan, keyakinan dan penyerahan diri.

-          Menyendiri lebh baik daripada berkawan dgn yg buruk, dan kawan bergaul yg shaleh lebh baik daripada menyendiri. Berbincang-bincang yg baik lebh baik daripada berdiam dan berdiam lebh baik daripada berbicara yg buruk. (HR. Al-Hakim).

-          Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia di ampuni oleh Allah (HR. Ahmad)

-          Barangsiapa yg suka melambat-lambatkan pekerjaannnya maka tidak akan d percepat hartanya. (HR. Muslim)

-          Sabar adalah salah satu kekayaan dari kekayaan yg baik. Allah tdk memberikan kecuali kepada hamba-Nya yg mulia di sisi-Nya. (Hasan Al-Bashri, ‘Uddatush Shabirin)..Sabar ada tiga macam; Sabar mengerjakan ketaatan, sabar menahan dirinya dr maksiat & sabar menghadapi musibah.

-          Dan sesungguhnya Tuhanmu benar2 mempunyai karunia yg besar (yg d berikan-Nya) kepada manusia, tetapi kebanyakan mereka tdk mensyukuri(nya)-(QS.An-Naml: 73)

-          Tinggalkanlah apa2 yg meragukanmu (berpindahlah) kpda apa yg tidak meragukanmu, karena JUJUR itu adalah ketenangan & dusta itu adalah keraguan-(HR. At-Tirmizdi)

-          Sesungguhnya diantara dosa2 itu, ada yg tdk dapat terhapus dgn puasa, sholat. Tapi hanya bisa terhapus dgn bersusah payah dalam mencari nafkah.

-          Hai orang2 yg beriman, bertaubatlah kpda Allah dgn taubat yg semurni-murninya, mudah2an Tuhan kamu akan menghapus kesalah2anmu & memasukkan kamu ke dalam syurga yg mengalir di bawahnya sungai2.(At-Tahmin; 8)

-          Jika aibmu menggunung di mata manusia dan engkau ingin menutupnya, tutupilah ia dgn kedermawanan, ketahuilah, kedermawananlah yg bisa menutupi segala cacat dan aib ( Muhmmad Idris Asy-Syafi’i).

-          Sesunnguhnya ujian yg Allah berikan jauh lebh kecil dibandingakan nikmat yg dilimpahkan, bila kita sabar akan datang karunia-Nya yg jauh lebh besar.

-          Makanlah kalian, bershadakohlah kalian, berpakaianlah kalian dgn tidak berlebh-lebihan & tidak sombong. (HR. An-Nasa’i).

-          Disaat letihpun para pejuang tetap tersenyum, karena pejuang itu tak akan lelah & putus asa sampai Islam tegak di bumi Allah yg Maha Agug.

-          Kepemurahan dan kedermawanan akan mendekatkan diri pada Allah SWT, kepada sesama manusia, dan kpda surga-Nya, serta akan menjauhkan dari siksa neraka.-(HR. Tirmidzi)

-          Siapa yg menyabarkan dirinya, Allah akan menjadikannya sabar. Tidaklah seseorang diberi pemberiaan yg lebih baik & luas daripada kesabaran-(Bukhari-Muslim)

-          Rasulullah saw, pribadi yg tidak mencaci makanan, bila ia suka, memakannya, bila tidak, membiarkannya.

-          Orang yg kerdil itu orang yg hanya mengikuti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan kpda Allah-(HR. Tirmidzi)

-          Dan tinggalkanlah org2 yg menjadikan agama mereka sebgai main2 dan senda gurau, dan mreka telah ditipu oleh kehidupan dunia-(QS. Al-Imran: 70).

-          Kebajkan itu ialah akhlak yg baik dan dosa itu adalah sesuaatu yg merisaukan dirimu dan kamu tidak senang bila diketahui oran g lain. (HR. Muslim)

-          Banyak berbuat kebaikan2 amal2 ibadah. Sehingga Allah melihatdan menilai bahwa kita lanyak untuk di ijabah doa kita.

-          Menimbang samo barek, maukua samo panjang, bakato bana, mahukum adia, Tidak ada penghalang dalam hidup ini, tinggi bukik di dakinyo, dalam lurah dituruinyo, kareh di takianyo, lunak disudu, dakek di jalang, jauah di turui,,,bia mati atau buto asa cita2 dapek di capai..baaitu bana kareh pandiriannyo...
-           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar