Sabtu, 23 Juli 2011

sekedar kata-kata bijak dan tausiyah. Bag 3

-Siapakah yg lebih baik perkataannya dr pada org yg menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yg shaleh & berkata “sesungguhnya aku termasuk orng2 berserah diri’. (QS. 41: 33)

-Bagi akhawat yg sdang haid jangn makan ES karna membuat vdarah tidak keluar semua dan menjadi miomkista, bagi laki2 hindari pelega hidup yg diisep, ia mengakibtkan tersumbatnya pembuluh darah, krn bisa mengakibatkn bengkaknya kelenjer prostat. (
-Cukup seseorang itu dikatakan alim jika ia merasa takut kpda Allah & cukuplah seseorang dikatakan bodoh jika ia merasa ujub dgn amalannya sendiri. (
-Cahaya Hikmah: ada empat pelajaran yg harus kita perhtikan dalam islam, di antaaranya: etika (adab), estetika (seni), sikologi (kejiwaan), metafisika (ghaib).

-Hidup yg indah buknlah Hidup yg tanpa rintangan&tantangan, Hidup yg indah bukanlah Hidup yg tanpa cobaan & ujian. Tetapi sesungguhnya Hidup yg Indah adlah hidup yg di bumbui rintangan, cobaan, & ujian dan kita mampu mengatasinya sehingga tercipta kebahagiaan itu.

-Cahaya Hikmah: Akhlak a/istilah u/ tabiat yg mengakar dalam jiwa dan melahirkn tingkah laku dgn sendirinya tanpa dibuat-buat. Akhlak merupakan potret manusia. Sebagian konsekwensi akhlak mulia i/pelakunya mudah mengerjakan sesuatu, disukai byk orng, masalh dgn org disekitarnya lebih sedikit, jiwanya damai, hidupnya bahagia dan memuaskn. (TC)

-Jika kita sakit, sedih, gelisah, bhkan hati merasa tdk tenang maka wudhulah, sholat, lalu bclah ar-quran niscaya kita akan mendapt ketenangn. Dan kami turunkn dr al-Quran sesuatu yg mnjdi penyembuh dan rahmat bg org2 yg beriman. (QS. Al-Isra’: 82).

-Induknya dosa ada tiga, SOMBONG, TAMAK, DENGKI. Sifat sombong berasal dari Iblis yg di laknat karena ia tidak mematuhi perinth Allah untuk bersujud bersama malaikat. Sifat TAMAK bersal dari dari Adam yg telah mendorongnya memakan buah terlarang di syurga. Sifat DENGKI bersal dari Qabil yg menybabkan ia membunuh saudaranya dan menjadi kafir karenanya. (TC)

-Allah menguji keikhlasan dlam kesendirian, Allah memberi kedewasaan ketika masalah berdatangan, Allah melatih ketegaran dalam kesakitan. Allah memberi kemudahan dibalik kesulitan, dan hanya pada-Nya harapan & dbahagia bertumpu.

-Allahumma amiin, robbi yaasir wa laa tu’assir. Robbi atmim bil khoir.. fa yassir kullu umuuri wa umuuri haadza akhi yaa robbal ‘aalamiin.

-ukhuwah itu bukan berjalan seperti gunting, meski lurus tapi memisahkan yg menyatu. Ukhuwah itu berjalan seperti jarum, menusuk & menyakitkan tapi menyatukan yg terpisah.Berukhuwah bukan hanya u/bersenang-senang tapi saling mengingatkan & menegur dgn jujur saat lupa & untuk sama belajar. (Icha KARisma)

-Mahatma Gandhi: Hindarkanlah 7 dosa orang-orang yg melanggar prinsip dan menodai hati nuraninya; 1) kekayaan tanpa kerja (wealth without work). 2) kenikmatan tanpa suara hati (pleasure without conscience). 3) pengetahuan tanpa karakter (knowledge without character). 4) persagangan tanpa etika ( commerce without morality). 5) ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan (science without humanity). 6) agama tanpa pengorbanan (religion without sacrifice). 7) politik tanpa prinsip (politic without principle).

-Apabila anak Adam mulai beramal di pagi hari, seluruh anggota tubuh mempercyakn lisan (agar berhati2). Mereka berpesa, wahai lisan, bertaqwalah pada Allah dlm mbwa kami, kami bergantung padamu, jk kamu lurus km pun ikut lurus. Jk kamu bengkokk km pun bengkok. (HR. Turmudzi dr Abi Sa’id al-Kudri)
-Orang yg tahajjut belum ikhlas tahajjutnya jika merasa lebh mulia dr pada org yg tdak tahhjut, org yg puasa belum ikhlas puasanya jika mersa lebih mulia dr org yg tidak puasa, orang yg berbuat bik belum ikhlas kebaiknnya jika merasa lebh mulia dr org yg tidak melakukn kebaikan, krena salh satu ciri keikhlasan adalh ketika ki melakukn ibadah, nmun mersa kurang sempurna dihadapn Allah dan jauh dari sikap merendahkan orang lain,

-Kegagalan bukan hanya kesuksesan yang tertunda tapi belum sesuainya rencana kita dgn rencana Allah dan sebaik-baik rencana adalah rencananya Allah, smoga aktifitas kita dapat keberkahan dan keridhoan Allah bukan sekedar mengejar kesuksesan dalam pandangan manusia. Kusrin. UIN BDG

-Sungguh menakjubkan urusan perkara orang mukmin, semua kondisinya dalam keadaan baik, dan itu hanaya pada seorang muslim, ketika ia ditimpa kebaikan ia bersyukur dan itu adalah baik baginya, dan bila ia ditimpa musibah/keburukan ia bersabar dan itu dalah baik baginya (HR Muslim).
-Sesungguhnya adalah hak Allah mengambil dan memberikan sesuatu. Dan segala sesuatu disisi-Nya dibatasi oleh ajal yang ditentukan, oleh karena itu bersabrlah dan carilah ganjaran dr Allah (dgn musibah itu). (HR. Bukhari dan Muslim).

-Sebatang pohon akan mjd patung yg bagus ditangan pemahat, Besi yg keras akan jadi pedang yg tajam di tangan orang yg ahli membuat senjata. Satu kata akan menjadi bait-bait puisi yg indah bagi para penyair. Apapun itu akan jd indah jika dipegang oleh ahlinya...Dan kita yg tak bisa apa-apa hanya bisa menjadikan air mata sebagai rasa penyesalan, berdiri dgn harapan, ruku, dgn ketabahan, sujud dgn kerendahan diri di hadapan-Nya (Allah SWT). TC
-Sesunggunhnya pada hari kiamat tdk akan bergeser kaki seorng hamba hingga ditanya 4 perkara. Tentang umurnya untk apa ia gunkan, tntg ilmunya dijlan apa ia amalkan. Tentnag tubuhnya tuk apa ia gunakan, dan Tentang hartanya dari mana ia dapatkan dan di jalan apa ia habiskan. (HR. Tirmidzi)

-Jangan pernh merasa jauh dari Allah, Dia sangat dekat bahkan lebih dekat dari urat leher kita, Dia menyaksikan tingkah laku kita, Dia tak pernah berhenti mengawasi kita, Dia Maha Mengetahui yg tersembunyi dalm hati, Dia mengatur segalanya yg belum dan yg sudah teradi . Di saat kita lupa padanya Dia tak pernah lupa pada kita, Di saat kita mengkhianati-Nya, Dia selalu menanti kita untuk bertaubat dan kembali di jaln-Nya. TC

-Kamu tahu kenapa hatimu diciptakan dalam dadamu? Karena Allah ingin kamu menjaganya dan tidka membiarkan orang lain menyentuhnya sebelum waktunya, Kamu tahu kenapa ada air yg keluar dari matamu tiap bersedih?karena akan ada seseorang kelak yg jika kamu menangis, ia akan mengahpusnya dipipimu dan mengantinya dengan senyuman yg indah, Kamu tahu kenapa Allah menciptaka di antara sela-sela jarimu? Karena suatu saat Allah akan mengirimkan seseorang untk memenuhi ruang kosong itu dgn mengenggam ruang tanganmu dan membawamu melangkah bersama menuju cinta-Nya..-----Indah Bukan?------

-Enam kesalahan penyabab penuaan dini; 1). Mengerutkan kening; 2) Menggosok mata; 3) Membuang ingus terlalu keras; 4) Mengerutkan bibir; 5) Bertopang dagu; 6) Gunakanlah kecamata hitam ketika terik matahari. Solusinya Terapi hujan. Top- BRC


-Ada masanaya hati sedih & bahagia. Ada masanya jiwa gundah & tenang. Ada masanya menangis dan tertawa. Ada masanya iman naik & turun . Namun; tak ada masanya Allah meninggalkan kita, semoga Allah tetap mengokohkan kaki2 kita untuk tetap melangkah di jalan-Nya. Sampai kita berkumpul di jannah-Nya. Amiin TC

-Sesungguhnya org-orang yg mengatakan? Tuhan kami ialah Allah, kemudian mereka meneguhkan pendirian, maka malaikat akan turun kepada mereka (degn mengatakan)? Janganlah kamu mersa takut dan mersa sedih, bergembiralah kamu dengan (memperoleh) syurga yg telah dijanjikan Allah kepdamu. (QS. Al-Fussilat; 33).

-Hidup yg indah bukanlah hidup yg tanpa rintangan & tantangan. Hidup yg indah bukanlah hidup yg tanpa cobaan & ujian. Tetapi sesungguhnya Hidup yg indah adalah hidup yg dimumbui rintangan, cobaan & ujian dan qita mampu mengatasinya sehingga tercipta kebahagiaan. DK 1.

-Orang2 yg mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata). Ya tuhan kami, tidaklah engkau meciptakan semua ini sia2; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dr azab neraka, ya Tuhan kami, sesungguhnya org yg engkau masukkn keneraka, sungguh Engkau tlah menghinakan nya, dan tdk ada seorang penolongpun bg org yg zalim (QS. Ali-Imran: 191-192).

-Orang2 yg menafkahkan hartanya di malam dan di siang harinya secara tersembunyi dan terang2an, maka mereka mendpat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) bersedih hati (QS. Al-Baqorah: 274).

- Awali hr dgn kekuatan hati, agar hidup semakin berarti, ketika sang waktu mulai mengukir ruang hidup melalui rotasi,, ketika itu ribuan tetes air mata dan kebahagiaan datang silh berganti.. Dan semua itu kan menjdi memori yg kan slalu terpatri... ketika Allah memberi kesempatan untuk belajar dr ujian, maka saat itulah Allah menilai keimanan diri,,,

-Harta itu tdk akan berkurang krn di shodakohkan, Allah tdk akn menambah seorang hamba yg suka memaafkan kecuali kemuliaan. Dan tidaklah seseorang itu berlaku tawadhu’ kepada Allah kecuali Allah meninggikan derajatnya. (HR. Muslim).
-Saatnya u/berbgi d pg hari, suatu keindahan bg kita ktika kta bisa berbgi rezeki, kenikmatan, kebahagiaan, motivasi, hikmah, nasehat, dan bertegur sapa,smoga kita termsuk gologan org2 yg di doakan oleh para malaikat,,,smoga diganti hartanya...

-Aku mengamati smua sahabat & tdak menemukan sahabt yg lebih baik dr pada sahabat yg menjaga lidahnya, Aku memikirkan tentng pakaian tetpi tdk menemukan pakaian yg lebih baik dari pd taqwa, Aku merenungkan tentg sgala jenis amal baik dr pd memberi nasehat baik,,, Aku mencr sgala bentuk rezeki tp tdk menemukan yg lebh baik dr pada sabar,,, (Umar Ibnu Khattab).

-Perbaikilah hubunganmu dengan Allah maka Allah akan memperbaiki hubunganmu dengan manusia. Perbaikilah akhiratmu Allah akan memperbaiki duniamu.
-Setiap amal perbuatan memiliki semangat dan setiap semangat memiliki masa futur (kurang semangat), Sipa saja yang masa futurnya menuju Sunnahku, maka dia telah berjalan di atas petunjuk, dan siapa saja yang masa menuju kepada selain Sunnahku, maka dia tlah binasa (HR. Ahmad).

-Sebaris doa untukmu sahabat, Smoga Allah mengabulkan do’a2mu, Mewujudkan sgala harapan & asamu, Meluaskan Ilmu & Rezekimu, Memberkahi umurmu, Men yempurnakan pahalamu, Menggugurkan dosa2mu, Memuliakan wajahmu, Meninggikan derajatmu di Dunia & Akhirat, Menempatkanmu di jananatul Firdaus bersama orang2 yang diridhoi-Nya..Allahumma Aamiin.

-“Belajar bersyukur meski tak cukup, Belajar Ikhlas meski tak rela, Belajar taat meski tak Berat, Belajar sabar meski terbebani, Belajar memberi meski tak seberapa, Belajar Mengasihi meski disakiti, Belajar tenang meski Gelisah, Belajar percaya meski dkhianati, Mudah2an kita di golongkan dalam orang2 pandai bersyukur dan slamanya haus akan ilmu2 Allah ...Belajar & Teruslah belajar.

-Ibrahim Ibnu Adham melihat seorang yang tampak pada wajahnya seperti sedang ditimpa kesusahan dan kesedihan. Lalu bertanya kepada orang itu. “Aku ingin mengajukan tiga pertanyaan kepadamu, Tolong dijawab”. Apakan dalam alam semesta ini ada sesuatu kejadian yang tidak dikehendaki oleh Allah?. Tanya Ibrahim. Orang itu menjawab , “Tidak” Apakah pernah rezekimu yang pernah ditakdirkan oleh Allah dikurangi-Nya?”Tidak” jawab orang itu lagi. “Apakah umurmu yang telah dicatat oleh Allah dikurangi sedikit?. Di jawabnya, “Tidak” Lalu Ibrahim berkata lagi, kalau demikian mengapa kamu susah dan sedih?...

-Jika sendiri janganlah merasa sepi...ada Allah yang sedang mengawasi, Jika sedih janganlah pendam dalam hati...ada Allah tempat berbagi...Jika susah janganlah merasa pilu...ada Allah tempat mengadu...Jika gagal janganlah putus asa, ada Allah tempat meminta...Jika bahagia janganlah menjadi lupa...ada Allah tempat memuja...Ingatlah Allah slalu, ukirkan nama-Nya dihatimu...Rindui Dia setiap langkahmu..cinta pada-Nya harus no.1 dan jangan pernha dimadu...Allah slalu bersamamu, menjagamu, dan slalu senantiasa berikan yang terbaik dalam hidupmu...

-2 Kalimat, ringan di lisan, berat di timbangan, dicintai ar-rahman, Subhanallah wa bihamdihi,,subhanallahil ‘adzim (Muttafaq’alaih).

-Fudhail bin Iyadh berkata: Lima tanda penyebab penderitaan/kesengsaraan; kerasnya hati, jalangnya pandangan, sedikkitnya perasaan malu, ambisi terhadap dunia dan panjang angan2.

-Orang yang banyak mencari fadhilah amalan sunnah tapi tidak menyempurnakan amalan wajib bagai pedagang yang rugi tapi ingin mencari keuntungan (tambihul Mughtarin: 159).

-Dalam bahasa Arab ada 4 perbedaan kata AMIN yaitu: 1) Amin (alif dan mim sama2 pendek) artinya Aman,tentram. 2) Aamin (alif panjang dan mim pendek), artinya meminta perlindungan keamanan. 3) Amiin (alif pendek & mim panjang), artinya Jujur terpercaya. 4) Aamiin (alif & mim sama2 panjang), artinya Ya Tuhan, kabulkanlah Doa kami. Sebisa mungkin hindari kata Amien karna itu digunakan oleh penyembah berhala.

-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar